site stats

Contoh Surat Penawaran dan Tips untuk Membuatnya

Surat merupakan alat komunikasi tertulis. Menurut kepentingan pembuatannya, surat dibedakan menjadi beberapa macam. Salah satunya adalah surat penawaran. Surat penawaran adalah surat yang dibuat oleh suatu pihak, dalam hal ini biasanya perusahaan kepada pihak lainnya yang bertujuan memberikan informasi tentang barang/ jasa yang ditawarkan.

Surat ini dimaksudkan untuk meyakinkan pembeli tentang barang/jasa milik perusahaan tersebut, sehingga diharapkan dapat terjadi sebuah transaksi. Cara membuat surat penawaran terbilang mudah, tetapi ada poin-poin yang tentunya perlu diperhatikan. Berikut sedikit ulasannya untuk Anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Surat Penawaran

Selain untuk kepentingan perdagangan, surat ini biasanya digunakan untuk bisnis, sehingga masyarakat juga mengenalnya sebagai surat bisnis. Surat ini merupakan jenis surat resmi sebagai media dari pihak penjual untuk menawarkan barang / jasa yang mereka produksi ke pembeli.

Baca Juga : Contoh Surat Permohonan Yang Baik dan Cara Membuatnya

Untuk itu, dalam cara membuat surat penawaran yang perlu diperhatikan adalah mencantumkan nama perusahaan yang bersangkutan, gambaran detail tentang produk barang / jasa yang ditawarkan disertai rincian harganya, gambaran kemampuan perusahaan dan bidang yang usaha yang digeluti, serta rekam sejarah proyek yang sudah berhasil ditangani.

Surat penawaran merupakan suatu bentuk komunikasi. Untuk itu, format penulisan dan gaya bahasa yang digunakan perlu dicermati. Surat ini terdiri dari tiga bagian, yakni pembuka, isi dan penutup. Bagian pembuka dimulai dengan salam pembuka, kemudian dilanjutkan dengan latar belakang surat penawaran dibuat, kenapa konsumen berhak mendapatkan penawaran, dan gambaran perusahaan.

Baca Juga : Download Contoh Surat Penawaran Menarik

Bagian isi, berisi gambaran detail produk yang ditawarkan, pilih bahasa yang sopan, jelas dan membuat pembeli berkeyakinan untuk melakukan kerjasama.

Sedangkan bagian penutupnya, Anda bisa memberikan keterangan teknis tentang kerjasama yang akan dilakukan bila pembeli bersedia menerima penawaran, misalnya meminta pembeli mengisi formulir yang dilampirkan, atau mencantumkan nomor yang bisa dihubungi jika ada yang masih perlu ditanyakan. Jalin komunikasi yang baik, sehingga pembeli bisa yakin kalau Anda dapat memenuhi yang dia butuhkan.

Baca Juga : Contoh Surat Dinas yang Benar dan Tips Membuatnya

Surat penawaran yang menarik dan baik tentu akan memberikan pengaruh yang cukup kepada pembeli untuk mempertimbangkan penawaran Anda. Untuk itu, cara membuat surat penawaran perlu dimengerti dengan baik, supaya dapat diaplikasikan dengan sempurna.

Contoh-Contoh Surat Penawaran untuk Berbagai Keperluan

Berikut ini adalah beberapa contoh surat penawaran yang saya dapatkan dari situs berbagi dokumen slideshare :

Surat Penawaran yang Benar untuk Perusahaan

Contoh Surat Penawaran yang Benar untuk Perusahaan (Gambar : Slideshare)

Surat Penawaran untuk Kendaraan

Contoh Surat Penawaran untuk Kendaraan

 

Surat Penawaran Jasa untuk Perusahaan

Contoh Surat Penawaran Jasa untuk Perusahaan

 

Surat Penawaran untuk PT Perusahaan

Contoh Surat Penawaran untuk PT Perusahaan

Nah itu tadi adalah beberapa contoh dan tips untuk membuat surat penawaran di segala bidang industri. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda ya.

Leave a Reply