site stats

Cara Membuat dan Contoh-Contoh Surat Pengantar

Dalam berbagai hal, bukan hanya dalam dunia bisnis maupun pekerjaan sebuah surat pengantar memiliki peranan penting didalamnya. Salah satu jenis surat resmi ini memang cukup berperan dalam berbagai hal, namun terkadang setiap orang belum mengetahui betul cara membuat surat pengantar yang baik dan sesuai dengan kaidah resminya.

Secara definisi surat pengantar merupakan sebuah surat yang dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan pada pihak yang dituju bahwa hal yang ingin dilakukan oleh si pembawa surat telah diketahui serta atas seizin seseorang yang bertanggung jawab.

Baca Juga : Contoh Surat Undangan Rapat Profesional dan Cara Membuatnya

Sehingga diperlukan langkah pembuatan yang pas dan sesuai seperti berikut.

Tips Membuat Surat Pengantar Yang Benar

1. Kop surat

Setiap surat resmi pasti menggunakan kop surat didalamnya, sehingga menunjukkan keresmian dalam sebuah surat. Jadi tips membuat surat pengantar yang benar jangan sampai melupakan kop surat tersebut. Secara langsung kop surat ini akan menjelaskan mengenai pengirim surat, sebab dalam sebuah kop surat telah tertulis nama instansi serta alamat instansi pemberi pengantar tersebut.

2. Pemilihan bahasa

Dalam cara membuat surat pengantar yang benar, pemilihan bahasa adalah kunci penting yang tidak boleh dianggap remeh. Karena surat ini bersifat resmi, maka pemilihan bahasa yang sesuai dengan EYD (ejaan yang disempurnakan) menjadi pilihan tepat bagi kita dalam pembuatan surat pengantar.

Baca juga : Download Contoh Surat Pengantar Berbagai Keperluan Dinas

Biasanya orang yang akan kita tuju tadi merupakan seorang yang sibuk dan tidak suka bertele-tele. Buatlah surat yang singkat, padat, jelas dengan bahasa formal dan tetap santun.

3. Tanggal

Tanggal juga menjadi bagian penting dalam cara membuat surat pengantar yang benar. Biasanya tanggal ini menunjukkan tanggal pembuatan serta tanggal berlakunya surat pengantar tersebut. Sehingga dapat diketahui kapan dibuat dan sejak kapan surat pengantar tersebut berlaku.

4. Pemberi dan penerima

Surat pengantar dokumen, bisanya memiliki penerima yang khusus, inilah sebabnya surat pengantar harus menuliskan nama pengantar dan penerima pengantar. Penulisannya juga harus dengan jelas mulai dari nama, jabatan maupun instansi terkait dengan lengkap.

Baca Juga : Contoh Cara Membuat Surat Jalan Yang Baik Dan Benar

Sekarang pastinya anda telah memiliki gambaran dalam cara membuat surat pengantar bukan? Perhatikan hal hal tadi untuk memiliki surat pengantar yang baik dan benar.

Contoh-Contoh Surat Pengantar

Surat Pengantar Magang dari Kampus (via : http://klinikhewanhappiness.blogspot.co.id/)

Surat Pengantar Nikah dari KUA (via : http://ceritasumi.blogspot.co.id/)

Surat Pengantar Barang (via : suratcontoh.com)

Surat Pengantar RT-RW (via : rw3jk1.wordpress.com/)

Surat Pengantar Proposal (via : slideshare.net/wuryanano/surat-permohonan-jadi-pembicara)

Leave a Reply