site stats

Contoh Surat Perjanjian Yang Tepat dan Cara Membuatnya

Surat perjanjian adalah surat kesepakatan antara kedua belah pihak mengenai perjanjian tertentu yang sesuai dengan hukum yang berlaku. Ada banyak sekali jenis surat perjanjian.

Ada surat perjanjian jual beli. Perjanjian sewa beli, perjanjian sewa menyewa, perjanjian borongan, perjanjian meminjam uang, perjanjian kerja dan lain sebagainya. Dengan adanya surat perjanjian, akan membuat kedua belah pihak merasa lebih aman dan tenang dengan semua pernyataan didalam surat.

Baca Juga : Contoh Dan Cara Membuat Surat Tugas

Jadi tidak merasa di rugikan satu sama lain. Cara membuat surat perjanjian pun sangat mudah. mari kita bahas lebih lanjut mengenai surat perjanjian di bawah ini.

Syarat Surat Perjanjian

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi, pada saat membuat surat perjanjian yang tepat. Syarat inilah yang akan membuat surat perjanjian bisa diterima di pengadilan.

Menurut undang-undang pasal 1320 KUHP, syarat sah surat perjanjian antara lain ada kesepakatan antar kedua belah pihak. Kedua kedua belah pihak memiliki kemampuan untuk menjalankan hukum yang berlaku. Ketiga adanya objek perjanjian yang jelas dari segi jumlah, jenis dan kualitasnya.

Baca Juga : Download Contoh Surat Perjanjian Hutang yang Baik dan Benar

Keempat perjanjian tersebut merupakan perjanjian yang sah berdasarkan hukum yang berlaku. Dengan mematuhi syarat surat perjanjian diatas, surat perjanjian bisa dipertanggungjawabkan. Lalu inilah cara membuat surat perjanjian yang tepat.

Hal Yang Harus Ada Di Surat Perjanjian

Ada beberapa hal yang harus ada di dalam surat perjanjian. Pada saat membuat surat perjanjian, harus ditulis diatas kertas biasa yang ditambahi dengan materi. Bisa juga dengan menulisnya di kertas bersegel. Pada saat membuat surat perjanjian kedua belah harus tanpa adanya pemaksaan.

Semua isi yang ditulis pada surat perjanjian harus disetujui oleh kedua belah pihak. Isinya juga tidak boleh bertentangan dengan undang-undang yang berlaku. Orang yang membuat janji harus sudah dewasa dan sehat rohani.

Baca Juga : Contoh Kop Surat dan Cara Membuatnya di Microsoft Word

Pada bagian awal tulis nomor surat, kemudian tambahan dengan nama dan keterangan dari kedua belah pihak yang melakukan perjanjian. Lalu isi surat berisi semua perjanjian yang sudah disepakati. Tulis isi perjanjian sedetail mungkin.

Pada bagian akhir ada tanda tangan dari kedua pihak yang dibubuhi materai. Itulah cara membuat surat perjanjian yang tepat dan mudah.

Contoh Surat Perjanjian untuk Berbagai keperluan

 

Surat Perjanjian Kesepakatan Kerja (Sumber : http://adecandrawarman.blogspot.co.id/)

Surat Perjanjian Jual Beli (Sumber : Slideshare)

Surat Perjanjian Hutang-Piutang (Sumber : Slideshare)

Surat Perjanjian Sewa Rumah (Sumber : Slideshare)

Surat Perjanjian Kerjasama (Sumber : Slideshare)

Leave a Reply