site stats

Contoh Surat Rekomendasi Yang Benar dan Langkah Membuatnya

Surat rekomendasi memang memiliki peranan penting dalam berbagai hal, sayangnya surat seperti ini jarang kita buat. Sehingga ketika kita akan membuatnya kita masih merasa bingung bagaimana cara membuat surat rekomendasi.

Apa sebenarnya surat rekomendasi ini? Definisi surat rekomendasi ialah sebuah surat yang berisikan rekomendasi atau pengajuan tertentu kepada seseorang yang berkaitan dengan sebuah tujuan.

Baca Juga : Cara Membuat dan Contoh-Contoh Surat Pengantar

Surat rekomendasi ini ada bermacam macam untuk kerja, pendidikan, sekolah maupun organisasi. Nah sekarang apa saja yang sebaiknya kita tulis dalam sebuah surat rekomendasi tersebut?

Langkah Membuat Surat Rekomendasi Yang Benar

1. Kualifikasi

Dalam sebuah surat rekomendasi langkah membuat surat rekomendasi yang benar adalah memasukkan kualifikasi didalamnya. Dalam kualifikasi tersebut kita dapat menjelaskan berbagai segi diri kita maupun orang yang direkomendasikan tersebut. Bisa dari segi akademik maupun non-akademik, serta menonjolkan kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan orang lain.

2. Deskripsi

Cara membuat surat rekomendasi selanjutnya adalah mendeskripsikan seseorang yang akan direkomendasikan. Deskripsikan secara detail dan baik mengenai diri kita maupun orang yang kita rekomendasikan.

Baca Juga : Contoh Surat Undangan Rapat Profesional dan Cara Membuatnya

Penting juga untuk memberi tahukan mengenai sejak kapan pembuat rekomendasi mengenal orang yang direkomendasikan yang berkapastitas dalam bidangnya, misalnya saja seorang karyawan, dosen, mahasiswa, pembimbing dan sebagainya.

3. Motivasi

Keinginan maupun motivasi juga berperan penting dalam membuat surat rekomendasi yang profesional. Misalnya saja surat rekomendasi bagi seorang mahasiswa atau dosen yang ingin melanjutkan kuliah. Kita perlu menuliskan sejauh mana motivasi dan keinginan mereka dalam melanjutkan bangku perkuliahan. Sehingga penerima rekomendasi dapat memahami motivasi dan keinginan orang yang direkomendasikan tersebut.

4. Ekstra yang dimiliki

Informasi detail dan kemampuan intelektualitas bukan hanya ditunjukan dari indeks prestasi komulatif maupun transkrip nilai ataupun skor hasil tes akademisi saja.

Baca juga : Download Contoh Surat Kuasa untuk Berbagai Keperluan

Kegiatan ekstra, proyek tertentu, yang dilakoni juga memberikan nilai lebih kepada penerima rekomendasi. Jadi sangat penting memasukkan point ini kedalam sebuah surat rekomendasi.

Sekarang kalian pastinya telah paham dan memiliki gambaran mengenai cara membuat surat rekomendasi yang benar dan profesional bukan. Sebuah surat rekomendasi juga tidak perlu begitu panjang, asalkan singkat, padat dan jelas sudah dapat memenuhi syarat sebuah surat rekomendasi yang profesional.

Contoh Surat Rekomendasi yang Baik dan Benar

Surat Rekomendasi Organisasi (via : http://henitayahya.blogspot.co.id/)

Surat Rekomendasi Pembuatan Paspor (via : slideshare.net/AbulBientaeenBientaeen/surat-pengantar-pembuatan-paspor-dari-kelurahan-setempat)

Surat Rekomendasi LPDP (via : oktavianidewi.wordpress.com

Surat Rekomendasi Beasiswa (via : http://mynameisedodije.blogspot.co.id/)

Contoh Surat Rekomendasi Kerja (Via : suratcontoh.com)

Leave a Reply