site stats

Contoh Surat Undangan Formal – Non Formal dan Perbedaanya

Surat undangan adalah surat yang digunakan untuk mengundang seseorang atau instansi tertentu. Ada dua jenis surat undangan yaitu surat undangan formal dan non formal. Untuk surat undangan formal tentunya ditujukan untuk suatu kegiatan yang resmi, sedangkan non formal lebih bersifat pribadi. Macam surat undangan juga banyak sekali.

Baca Juga : Contoh, Jenis Dan Cara Membuat Surat Pemberitahuan Pajak

Ada surat undangan dari perusahaan, sekolah, pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya. Setiap jenis surat undangan memiliki cara membuat surat undangan yang berbeda-beda. Berikut ini perbedaan antara surat undangan formal dan non formal.

Bahasa Surat Undangan

Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari bahasa yang digunakan. Untuk surat resmi penulisannya menggunakan bahasa yang baku, sedangkan surat tidak resmi boleh menggunakan bahasa yang tidak baku.

Baca Juga : Contoh Dan Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bahkan untuk surat tidak resmi, bisa menggunakan bahasa daerah masing-masing. Selain dilihat dari bahasanya, cara membuat surat undangan ini bisa dilihat dari si pengirim dan penerima surat. Untuk surat resmi di tujukan kepada instansi atau perusahaan tertentu. Sedangkan surat resmi bisa ditujukan untuk perseorangan.

Kop Surat Dan Nomor Surat

Inilah yang menjadi pembeda utama dari surat undangan formal dan non formal. Untuk surat formal harus ada kop surat dan nomor surat. Hal ini dikarenakan akan ditulis dalam administrasi dari setiap instansi atau perusahaan tertentu.

Kop surat dan nomor surat bertujuan untuk memberikan identitas bagi perusahaan atau instansi tersebut. Sedangkan untuk surat non formal tidak harus memiliki kop surat dan nomor surat. Selain itu surat resmi memiliki perihal dan lampiran yang jelas. Sedangkan surat tidak formal perihalnya lebih bersifat pribadi.

Dari penjelasan diatas, anda jadi lebih tahu apa perbedaan surat undangan formal dan non formal. Surat formal memiliki format penulisan yang jelas. Ada kop surat, salam pembuka, isi, penutup dan tanda tangan.

Baca Juga : Download Contoh Surat Undangan Berbagai Acara

Sedangkan di surat non formal tidak memiliki format yang jelas. Format penulisan suratnya tergantung dengan si penulis surat itu sendiri. Itulah sedikit penjelasan tentang cara membuat surat undangan resmi dan non resmi. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Contoh-Contoh Surat Undangan Formal dan Tidak Formal

Surat Undangan Resmi Dinas Pendidikan via http://kumpulan-contohsurat.blogspot.com/

Surat Undangan Resmi via dwikisetiyawan.wordpress.com

Contoh Surat Undangan Maulid Tidak Formal via http://ikhwan-perbaungan.blogspot.co.id/

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi via http://contohdokumen.com/

Surat Undangan Pernikahan via http://undangan.orderah.com/

Leave a Reply