site stats

Cara Membuat Surat Jual Beli Tanah dan Contohnya

Untuk cara membuat surat jual beli tanah bisa kita selesaikan dengan mudah dan cepat. Surat perjanjian jual beli tanah adalah surat yang biasanya dibuat oleh penjual dan pembeli untuk menerangkan bahwa ada hak dan kewajiban pada masing-masing penjual dan pembeli.

Baca Juga : Contoh dan Cara Membuat Surat Perintah Kerja Untuk Karyawan Suatu Perusahaan

Pembuatan surat ini menjadi hal yang utama apabila akan melakukan transaksi jual beli tanah. Karena surat ini memiliki ikatan hukum yang kuat. Surat jual beli tanah adalah surat yang

Tujuan Surat Jual Beli Tanah

Tujuan Surat jual beli tanah agar bisa melindungi pihak-pihak yang terkait. Dan bisa menghindari sengketa lahan yang tidak diinginkan yang nantinya akan mengakibatkan kerugian pada salah satu pihak.

Karena sekarang ini penipuan telah merajalela di sekitar kita dengan berbagai macam modus yang dilakukan.

Baca juga : Download Contoh Surat Jual Beli Tanah yang Efektif

Adapun dalam cara membuat surat perjanjian jual beli tanah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

  • Surat harus ada identitas para pihak (pembeli dan penjual harus sesuai dengan KTP yang masih berlaku) Surat harus berisikan Nama Si penjual atau biasa disebut sebagai pihak pertama. Nama tersebut harus lengkap sesuai dengan yang tertera di KTP
  • Isi surat harus jelas mengandung keterangan bahwa pihak pertama telah menjual tanah kepada pihak kedua yang telah disetujui oleh seluruh ahli waris pihak pertama serta disaksikan oleh saksi yang dihadirkan masing-masing pihak dengan kisaran harga yang telah disepakati.
  • Isi surat keterangan Sebelum diaktakan selanjutnya yaitu Ijab kabul pembelian dilakukan secara sah dari pihak pertama kepihak kedua, biaya pembuatan akta jual beli ke PPAT menjadi tanggung jawab pihak kedua.
  • Isi surat sebagai penutup jika suatu saat ada ahli waris dari pihak pertama yang mengaku atau menggugat akan tanah yang telah dijual kepada pihak kedua maka pihak berwenang untuk menolaknya karena tanah tersebut sudah sah dan mutlak dijual ke pihak kedua dan dimiliki oleh Pihak kedua
  • Penutup surat yaitu menjelaskan bahwa surat tersebut telah dibuat dengan benar serta pihak yang terlibat sedang tidak dalam paksaan atau tekanan siapapun.
  • hal yang diperhatikan dalam Surat Jual Beli tanah tersebut kemudian ditandatangani oleh Pihak pembeli, pihak penjual dan para saksi dari kedua belah pihak. Selain itu juga perlu diketahui dengan cara ditandatangani oleh kepala desa/Kepala lurah setempat.

    Baca Juga : Contoh Surat Niaga, Jenis dan Cara Membuatnya

    Penandatanganan ini tujuan agar surat ini bersifat kuat dan apabila terdapat pelanggaran atau kelainan dalam memenuhi kewajiban maka akan ada konsekuensi hukum karena pihak yang dirugikan mengajukan tuntutan atau klaim.

cara membuat surat perjanjian jual beli tanah di atas semoga bisa membantu anda dalam menyusun surat perjanjian tersebut dan bisa meminimalisir kejahatan yang sering terjadi belakangan ini.

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Surat Jual Beli Tanah (via : slideshare.net/syahrulhtb/contoh-surat-jual-beli-tanah)

Leave a Reply