site stats

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB dan Cara Membuatnya

Pernahkah anda membuat sebuah surat kuasa sesuatu? Sebelum lebih jauh lagi, kita akan mengulas apa sebenarnya surat kuasa.

Surat kuasa merupakan surat pelimbahan kuasa atau wewenang dari suatu pihak kepada pihak lainnya yang mendapat kepercayaan dari orang pemberi kuasa atau wewenang.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank dan Tips Membuatnya

Pemberian surat kuasa ini biasanya ditujukan untuk pelimpahan wewenang secara penuh kepada pihak yang telah ditunjuk dan dipercaya untuk mengambil BPKB maupun surat penting lainnya.

Mengingat pentingnya surat ini, memerlukan beberapa hal yang harus terpenuhi dalam cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB tersebut.

Hal Penting Dalam Membuat Surat Kuasa

Pentingnya surat kuasa, membuat kita tidak bisa sembarangan saja dalam membuatnya. Hal penting dalam membuat surat kuasa yang pertama adalah anda harus mencari terlebih dahulu orang yang benar benar anda percaya dan mampu mengemban amanah atau mandat dari anda ini, tanpa menyelewengkannya.

Ingat surat ini memiliki hak yang begitu kuat, jadi bila salah dalam memilih orang BPKB serta kendaraan anda yang akan menjadi taruhannya. Bila anda telah mempercayai seseorang cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB ini tidaklah serumit surat lainnya. Bagian atas cukup menuliskan ‘Surat Kuasa Pengambilan BPKB’.

Baca juga : Download Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang Efektif

Dan dibawahnya pemberi kuasa menerangkan nama lengkap anda, tempat tanggal lahir, beserta alamat lengkapnya. Dengan ini benar benar memberikan pengalihan kekuasaan kepada nama lengkap, tempat tanggal lahir, beserta alamat lengkap penerima kuasa.

Serta menyatakan dengan sungguh sungguh dan tanpa paksaan membuat surat kuasa untuk pelimpahan kuasa tersebut dikarenakan sebuah halangan yang tidak memungkinkan anda untuk mengambilnya sendiri. Hal penting lainnya dalam cara membuat surat kuasa ini adalah pemberian materai dibagian bawahnya. Untuk lebih memperkuat kuasa, pilihlah materai 6.000 serta ditanda tangani oleh kedua belah pihak.

Baca Juga : Contoh dan Cara Membuat Surat Peringatan Untuk Karyawan Perusahaan

Pastinya anda kini telah paham mengenai cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB ini serta pentingnya surat kuasa tersebut bukan. Surat kuasa harus dibuat tanpa adanya unsur paksaan didalamnya serta bermaterai, agar dapat dipertanggung jawabnya secara hukum. Oleh karena itu tidak boleh sembarangan dalam membuat sebuah surat kuasa.

Contoh-Contoh Surat Kuasa untuk Mengambil BPKB

Surat Kuasa untuk Pemgambilan BPKB Motor (via : slideshare.net/septianraha/surat-kuasa-pengambilan-bpkb)

Surat Kuasa untuk Pemgambilan BPKB Mobil (via : http://cara-buat-surat.blogspot.co.id/)

Leave a Reply