site stats

Contoh dan Cara Membuat Surat Peringatan Untuk Karyawan Perusahaan

Surat Peringatan adalah surat yang diberikan kepada karyawan atas tindakan yang telah menyalahi atau melanggar aturan yang berlaku di perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja. Cara membuat surat peringatan tergantung kepada perusahaan tempat anda bekerja.

Surat peringatan atau bisa juga disebut dengan surat teguran yang biasanya diberikan kepada karyawan yang kuang disiplin. Surat ini diberikan untuk mengetahui tanggung jawab sebagai seorang karyawan.

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Penghasilan Yang Benar dan Tips Membuatnya

Yang mengeluarkan surat peringatan adalah HRD perusahaan atau personalia perusahaan, ataupun pimpinan dari perusahaan tergantung dari peraturan dan kebijakan yang diterapkan di perusahaan tersebut.Cara pembuatan surat peringatan biasanya dikeluarkan secara bertahap, mulai dari surat peringatan pertama (SP1), Surat peringatan kedua (SP2), surat peringatan ketiga atau yang terakhir (SP3).

Apabila setelah dikeluarkannya surat peringatan yang pertama dan karyawan yang bersangkutan masih melanggar peraturan, maka karyawan tersebut akan dikeluarkan dari tempat kerja.

Cara Membuat Surat Peringatan

Pembuatan surat peringatan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat yang lain. Hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat ini adalah walaupun surat peringatan tersebut adalah bentuk dari teguran atau peringatan, tetapi tetap harus menggunakan kata-kata yang sopan dan hindarilah penggunaan kata kasar.

Baca juga : Download Contoh Surat Peringatan yang Benar

Tujuannya adalah agar orang yang diberikan peringatan tidak tersinggung. Surat teguran juga tergolong surat resmi, sehingga pembuatannya juga harus mengikuti langkah dan peraturan yang resmi. Adapun peraturan yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah surat peringatan yaitu :

  1. Harus ada kop surat
  2. Nomor surat
  3. Isi, yang meliputi :
    • Kepada siapa surat peringatan ditujukan
    • Pelanggaran apa yang telah dilakukan
    • Sanksi apa yang akan diberikan
  4. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  5. Tanda tangan dan nama terang pembuat surat tersebut

Cara membuat surat peringatan yang ada di setiap perusahaan memiliki format yang berbeda-beda sehingga antara perusahaan yang satu dengan yang lain tidak sama.

Baca Juga : Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

Semoga pembahasan kali ini bisa memberikan gambaran untuk anda dalam membuat surat peringatan

Contoh Surat Peringatan

Contoh Surat Peringatan (via : depok.go.id)

Leave a Reply